Mengapa Semua Hal yang Menyenangkan Selalu Terasa Cepat?

Ketika sedang senang-senangnya sesuatu, kamu akan merasa waktu itu berjalan sangat cepat. Memang gak rela karena sesuatu yang menyenangkan itu jadi cepat selesai. Namun kenapa ya kok bisa seperti itu..

Itu karena kamu menikmatinya....

Saat kamu menjadi tidak sibuk, saat kamu melupakan apapun pekerjaanmu di belakang, waktu mendadak cepat. Hal ini berbanding terbalik sekali dengan kalau kamu bekerja ataupun kuliah. Kamu menyukai apapun yang membuatmu senang itu, dan kamu menikmatinya. Kamu fokus untuk menyelesaikan itu dan betah untuk berjam-jam duduk demi hal yang kamu sukai itu. Karena ke-enjoy-an itu, alhasil waktu pun menjadi cepat.

Itu juga karena kamu sudah sangat menunggunya...

Siapa yang gak senang dengan liburan setelah berbulan-bulan penat bekerja? Siapa yang tak senang dengan ketemu kekasih setelah satu minggu tak saling bersua? Pasti sesuatu hal yang menyenangkan itu, karena kamu sudah menunggu momen tersebut terjadi. Gak heran, satu jam terasa satu menit, satu hari terasa seperti enam jam saja.

Itu karena kamu tidak merasa bosan dalam melakukannya...

Dalam kondisi umumnya, kalau kamu bosan, kamu akan lebih sering-sering melihat jam. Aktivitas ini justru membuat waktu seakan-akan melambat, karena kamu tidak melihat perbedaan berarti di jam. Coba bayangkan kalau kamu tidak bosan, tentu kamu akan menikmati apa yang kamu kerjaan, bahkan bisa jadi protes karena mendadak waktumu sudah habis.

Lalu kenapa kalau kita mengerjakan ulangan, sesuatu yang kamu kurang sukai, waktu justru berjalan sangat cepat?

Hal ini karena kita fokus untuk mengerjakannya. Bahkan bisa jadi, kamu punya goal tersendiri pada saat mengerjakan ini. Namun hal ini tidak berlaku ke semua orang. Untuk orang yang bisa mengerjakan ujian dengan cepat, apapun itu alasannya, waktu akan berasa sangat lama sekali. Apalagi diikuti dengan harus menunggu orang lain juga, tak heran jadinya bosan sekali menunggu waktu ujian berakhir.
Sebenarnya waktu itu tidak pernah berubah, setiap hari pasti 24 jam. Tergantung dari kamu yang mengaturnya. Kalau kamu tidak ingin merasa cepat, coba jangan terlalu bersemangat ketika mengerjakan sesuatu. Dijamin waktu akan berasa lebih lama daripada biasanya.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll