Kenapa Kamu Harus Optimis Bisa Khatam Al-Quran di Ramadan Tahun Ini!

Plsy Store Street Fight
Bulan Ramadan adalah bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Segala amal ibadah dijanjikan Tuhan untuk dilipatgandakan ganjarannya. Maka tak heran bulan Ramadan juga disebut bulan investasi amal ibadah. Contoh ibadah yang menjadi primadona adalah tadarus Al-Quran. Bahkan kalau sampai khatam 30 juz, banyak sekali keutamaan yang kita terima.
Konon katanya, khatam 30 juz Al-Qur’an dalam satu bulan memang gak gampang, tapi juga tak mustahil untuk dilakukan. Percayalah, berikut alasan kenapa kita harus optimis bisa khatam 30 juz di bulan Ramadan dan triknya.

1. Secara hitungan matematis, sangat mungkin khatam Al-Quran sekali dalam sebulan. Begini hitungannya!

Ada 600 halaman di dalam Al-Quran. Bulan puasa sendiri memiliki 30 hari. Jadi 600 halaman lalu dibagi dengan 30 hari, hasilnya 20 halaman sehari. Lalu 20 halaman lalu dibagi tiap shalat wajib lima kali, maka hasilnya empat halaman. Bila setiap shalat wajib, kita membaca empat halaman Al-Quran, maka kita bisa mengkhatamkannya dalam waktu satu bulan.

2. Bahkan khatam dua kali pun begitu memungkinan. Gak percaya? Ini lho strateginya!

Caranya bisa dilakukan dengan melipatgandakan bacaan Al-Quran tiap shalat wajib menjadi empat lembar. Selain itu kita bisa juga memodifikasi caranya. Semisal dalam satu hari berkewajiban menyelesaikan dua juz. Selesaikan satu juz setelah shalat subuh sementara tiap sebelum atau sesudah shalat, kita pun membaca empat halaman.

3. Ingatlah, satu huruf yang dibaca artinya adalah satu kebaikan. Yakin kamu mau melewatkan ini saat ada "diskon" besar-besaran di bulan suci?

Bila satu huruf saja adalah satu kebaikan, maka bayangkan ada berapa huruf di dalam Al-Quran. Dalam bulan Ramadan, kebaikan itu dilipatgandakan lagi sampai puluhan kali. Sekedar informasi, di dalam Al-Quran terdapat sekitar 323.671 huruf. Coba hitung berapa pahala kebaikan yang kamu terima bila minimal dikali 10 saja.

4. Bisa khatam Al-Quran di bulan Ramadan itu pahala berlipat-lipat. Nah, agar gak berat, kamu bisa ikut komunitas atau kelompok tadarus.

Mungkin selama ini kamu berpikir, khatam Al-Quran dalam sebulan itu mustahil. Ternyata itu gak benar lho. Banyak juga orang yang bisa khatam tanpa meninggalkan pekerjaan dan urusan duniawi-nya. Caranya? Kamu bisa ikut kelompok tadarus di masjid atau ikut komunitas yang memberimu dorongan baca Al-Quran, misalnya One Day One Juz (ODOJ). Di sana, kau tak sendirian. Ada teman-teman yang mendorongmu untuk bisa khatam.

5. Mungkin kamu berpikir mengkhatamkan Al-Quran bukanlah hal yang wajib dilakukan. Tapi kalau bukan sekarang, kapan lagi? Baca Al-Quran adalah media kamu berbincang pada Allah SWT lho.

Mengkhatamkan Al-Quran di bulan puasa memang bukanlah ibadah yang wajib. Hanya saja di bulan puasa, kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Al-Qur’an. Selain membaca, hendaknya juga diimbangi dengan mengetahui artinya. Dengan demikian, tidak hanya keindahan lafalnya saja yang kita ketahui. Namun juga ajaran penting yang dibawa dan tertulis sebagai pedoman dalam kitab suci agama Islam.

6. Baca Al-Quran itu tak melulu harus di masjid kok, kamu bisa membacanya dimanapun dan kapanpun. Saat istirahat kerja, setelah kuliah misalnya.

Membaca Al-Quran itu tak melulu harus di masjid kok. Asal kamu sudah berwudhu, kamu bisa membacanya kapanpun dan dimanapun. Selain itu, kemajuan tekhnologi juga membuat kita bisa membaca Al-Quran dari telpon genggam. Nah, masih berpikir khatam Al-Quran itu mustahil?
Semoga kita bisa khatam Al-Quran ya! Amin.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll

Please switch off your AdBlock and refresh this page :)